Obesitas Pada Anak

Obesitas Pada Anak  РObesitas merupakan keadaan patologis yaitu dengan terdapatnya penimbunan lemak yang berlebihan dari yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang normal. Obesitas merupakan salah satu penyakit salah gizi sebagai akibat konsumsi makanan yang jauh melebihi kebutuhannya. Ternyata banyak masalah yang dihadapi oleh anak yang mengalami obesitas ini, makin gemuk seorang anak akan makin banyak mengalami masalah kesehatan.

Obesitas Pada Anak

Obesitas Pada Anak

Obesitas Pada Anak

Anak atau bayi menjadi gemuk disebabkan karena mereka makan lebih banyak dari yang dibutuhkan dan kelebihan energi disimpan sebagai lemak. Kartu Menuju Sehat (KMS) juga merupakan pedoman yang bermanfaat untuk menentukan apakah anak gemuk. Kegemukan pada anak disebabkan ada kecenderungan karena faktor-faktor turunan didalam metabolisme mereka atau mungkin akibat pola makan keluarga. Tetapi anak-anak sering melalui tahapan gemuk sementara, terutama pada masa bayi dan akil balig.

Anak perempuan lebih cenderung gemuk selama masa akil balignya. Cek terus berat badan anak. Mencegah kegemukan lebih mudah dari pada mengobatinya. Anak membutuhkan bantuan dalam memahami sebab perubahan berat dan dukungan dalam menghindari gagasan yang tidak sehat tentang makan dan kelangsingan tubuh. Bila orangtua dan anak sama-sama termotivasi mengurangi BB anak, maka diet dan olahraga hampir pasti berhasil.

Menurut WHO, masalah obesitas anak merupakan salah satu hal epidemi global dan bisa menjadi masalah kesehatan yang seharusnya diatasi.Di negara kita, perubahan pada pola hidup yang lebih menjurus ala kebarat-baratan dan juga sedentary yang bisa menyebabkan terjadi perubahan pada pola makan masyarakat yang lebih menjurus kepada pola makan yang tinggi akan kalori, lemak serta kandungan kolesterol sehingga akan berdampak kurang baik pada terjadinya resiko masalah obesitas pada anak. Pravalensi dari kasus obesitas pada anak biasanya mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, baik pada negara maju dan juga di negara yang berkembang. Dan selain itu juga, obesitas yang terjadi pada anak juga akan beresiko tinggi berubah menjadi masalah obesitas di usia dewasa dan akan berdampak besar pada munculnya penyakit metabolik dan juga penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, penyakit stroke, darah tinggi di kemudian harinya.

Obesitas diakibatkan karena ketidakseimbangan yang terjadi antara energi positif dengan terjadinya penyebab yang sifatnya lebih kepada multifaktoral. Dan sebagian besar dari kasus obesitas juga diduga diakibatkan karena terjadinya interaksi dari faktor genetik atau faktor keturunan serta akibat faktor lingkungan. Oleh sebab itulah, penatalaksanaan dari obesitas pada anak adalah dengan cara melakukan pengaturan diet, peningkatan pada aktivitas fisik anak serta melakukan modifikasi pola hidup yang sebaiknya dilakukan dengan lebih disiplin dan dengan mengikut sertakan anggota keluarga.

Profil lipid darah yang ditunjukkan pada anak yang mengalami obesitas biasanya lebih mirip kepada profil lipid pada kasus penyakit kardiovaskular dan juga anak yang mengalami obesitas dengan resiko penyakit hipertensi yang lebih besar lagi. Salah satu penelitian yang dilakukan menemmukan bahwa kasus darah tinggi atau penyakit hipertensi yang terjadi pada anak berkisar antara 20-30% anak yang mengalami obesitas dan paling utama adalah kasus obesitas untuk tipe abdominal. Dengan seperti itu, maka obesitas pada anak juga membutuhkan perhatian yang lebih besar dan lebih serius lagi dalam hal penanganan yang dilakukan sedini mungkin dengan cara melibatkan peran serat dari orang tua.

Periode Obesitas

Obesitas pada anak terjadi akibat 3 periode kritis di dalam masa tumbuh kembang anak yang berkaitan dengan terjadinya obesitas yakni adalah ;

  1. Periode pranatal yang terjadi paling utama di trisemester 3 kehamilan
  2. Periode adiposity rebound yang terjadi pada usia anak 6-7 tahun
  3. Serta periode adolescene.

Pada anak dan juga bayi yang mengalami masalah obesitas, paling tidak sekitarnya adalah 26,5% akan mengalami obesitas selama 2 dekade beriutnya dan sekitar 80% remaja dengan kasus obesitas akan menjadi dewasa yang mengalami obesitas. 50% remaja dengan kasus obesitas yang sudah mengalami masalah obesitas sejak mereka masih bayi.

Penyebab dari obesitas berdasarkan dari hukum termodinami disebabkan karena keseimbangan pada energi positif, sebagai salah satu akibat dari terjadinya ketidakseimbangan dari asupan energi dengan keluaran energi. Sehingga terjadi suatu kelebihan energi yang kemudian disimpan dalam bentuk jaringan lemak yang menumpuk. Dan selain itu juga sebagian besar gangguan pada keseimbangan energi ini biasanya diakibatkan karena faktor dari eksogen atau nutrisional atau obesitas primer sedangkan pada faktor endogen atau obesitas sekunder akibat dari kelainan hormon, dan sindrom atau juga akibat defek genetik yang hanya terjadi berkisar antara 10%.

Pengaturan diet yang dilakukan sebagai bentuk cara menurunkan berat badan pada anak adalah dengan diet seimbang yang sesuai dengan RDA. Hal ini disebabkan karena anak sedang dalam masa perkembangan dan pertumbuhan. Intervensi dari diet yang harus dilakukan juga harus sesuai dengan usia anak, derajat dari obesitas dan juga tidak adanya suatu penyakit yang menyertainya.

Obat Obesitas Pada Anak

Obat obesitas yang harus diberikan pada anak adalah makanan yang mengandung serat alami. Obat obesitas alami ini bisa Anda dapatkan dari buah-buahan dan sayuran. Buah-buahan seperti buah apel dan buah blueberry merupakan obat obesitas alami yang baik untuk membantu menurunkan berat badan. Obat obesitas alami lainnya adalah dari sayuran hijau seperti brokoli, sawi, bayam, dan lainnya. Obat obesitas alami ini sangat baik selain menurunkan berat badan anak juga membantu memelihara kesehatan tubuh anak.

Obesitas Pada Anak

Cara Pemesanan Obat Obesitas Alami – Jamu Tetes Alami Soman 1 Untuk Obesitas
(SOZO FORMULA MANGGATA 1)

Obat Obesitas Alami

Obat Obesitas Alami

1 Botol Jamu Tetes Soman Obat Obesitas Kemasan 15 ml Harga Rp. 230.000,-/Botol

cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan Cepat Jamu Tetes Soman 1 Obat Obesitas:

Order melalui SMS ke 0852-8272-6096, tuliskan: Pesan Soman1 Obat Obesitas, Jumlah Botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa

This entry was posted in Obat Obesitas and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *